Mendikbud Nadiem Makarim membuka Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP)

Mendikbud Nadiem Makarim membuka Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) pada 15 Oktober 2020. Ini merupakan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan melalui pelatihan dan pendampingan yang berfokus pada kepemimpinan pembelajaran agar guru dapat menggerakkan komunitas belajar di sekitarnya yang dapat mewujudkan merdeka belajar peserta didik. Program ini bertujuan memberikan bekal kemampuan kepemimpinan pembelajaran dan pedagogi kepada guru sehingga mampu menggerakkan komunitas belajar, baik di dalam maupun di luar sekolah serta berpotensi menjadi pemimpin pendidikan yang dapat mewujudkan rasa nyaman dan kebahagiaan peserta didik ketika berada di lingkungan sekolahnya masing-masing.

“Selamat, sudah berjuang mengambil peran menuju transformasi pendidikan Indonesia, yaitu transformasi pendidikan untuk pembelajaran berpihak pada murid dan pembelajaran yang memerdekakan,” ucap Mendikbud saat membuka secara resmi Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) secara virtual di Jakarta, Kamis (15/10/2020).

PPGP didesain dengan menggunakan pendekatan andragogi dan blended learning selama 9 (sembilan) bulan. Program tersebut didesain untuk mendukung hasil belajar yang implementatif berbasis lapangan. Untuk itu maka 70% kegiatan dilakukan dalam bentuk on-the-job training di mana guru sebagai peserta PPGP tetap bertugas mengajar dan menggerakkan komunitas di sekolah. Sementara, 20% kegiatan dirancang dalam bentuk kegiatan belajar bersama rekan sejawat dan 10% lainnya dilakukan dalam bentuk pembelajaran bersama narasumber, fasilitator, dan pendamping.

Persiapan dan koordinasi pelaksanaan pendidikan guru penggerak telah dilakukan dan sudah final. Telah diumumkan bahwa jumlah fasilitator sebanyak

147 dinyatakan lulus dari sejumlah 785 pendaftar, pendamping sebanyak 614 dinyatakan lulus dari 45.575 pendaftar, dan calon guru penggerak sebanyak 2.800 dinyatakan lulus dari 19.218 pendaftar. Dari beberapa peran dalam proses pendidikan guru penggerak, telah di setting juga pada Learning Mangemant System untuk proses pembelajaran. Dengan demikian proses persiapan pelaksanaan telah dinyatakan selesai.

Mari bersiap menjadi pemimpin pemimpin pendidikan masa depan Indonesia. Guru Penggerak, Indonesia Maju

#gurupenggerak #merdekabelajar #berpihakpadaanak #pemimpinpembelajaran #pemimpinmasadepan

#sahabatprofesigtk #ceritaprofesigtk— Ikuti informasi pendidikan dan kebudayaan melalui kanal berikut: Laman: kemdikbud.go.id

Twitter: Kemdikbud_RI

Instagram: kemdikbud.ri

Facebook: kemdikbud.ri

YouTube: KEMENDIKBUD RI

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *